Monday, May 22, 2006

Read-Inc Book Garden

READ-INC Book Garden

Usaha ini adalah usaha persewaan buku dengan nama Read-Inc. Kami melihat potensi yang sama di kota Surabaya. Read-Inc nantinya akan menyediakan beragam jenis buku dengan pelayanan yang sangat baik dan diferensiasi yang jelas dengan para kompetitor yang ada di kota Surabaya. Kami juga telah menyusun key success factor yang kami yakini akan membawa usaha persewaan buku ini bisa sukses berkembang di kota Surabaya.

A. Visi

Ø Membuat kegiatan membaca menjadi pengalaman yang berkesan dan menyenangkan

Ø Menjadi usaha jasa penyewaan buku terlengkap dan memiliki jaringan skala nasional

Ø Mengelola usaha rental buku hingga bisa menjadi salah satu tempat yang most recommended bagi masyarakat

B. Misi

Ø Mendukung berbagai upaya yang bertujuan untuk meningkatkan minat membaca

Ø Mengemas kegiatan membaca dalam berbagai bentuk yang menarik dan menyenangkan

Ø Menyediakan beragam buku yang bisa dibaca oleh banyak orang

Ø Memberikan pelayanan terbaik kepada para member

Ø Membentuk usaha persewaan buku yang memiliki komunitas-komunitas loyalis

Ø Membentuk image di kalangan anak muda bahwa Read-Inc adalah tempat nonkrong yang asyik, nyaman dan menyenangkan

Ø Menjadikan kegiatan membaca yang menyenangkan identik dengan Read-Inc

Ø Berupaya melakukan pengembangan usaha terus menerus, baik berupa pengembangan jumlah tempat usaha maupun jenis usaha

C. Deskripsi Usaha

Usaha yang akan dijalankan ini akan bergerak dalam bidang jasa penyewaan buku, sebagai core business-nya. Selain itu, akan dicoba untuk mengusahakan beberapa usaha sampingan seperti penjualan buku dan merchandise, dan cafetaria / tempat makan. Namun, untuk sementara ini, pengelolaan akan dikonsentrasikan pada pengembangan core-business.

Sebagai suatu identitas, usaha ini akan berada di bawah satu label / nama. Label / nama usaha ini akan sangat berpengaruh terhadap image dari usaha ini. Karena itu, pemilihan namanya harus benar-benar diperhatikan. Nama ini harus bisa mencerminkan usaha yang dijalankan, namun tetap mempertahankan keunikan nama dan memperhatikan aspek kemudahan untuk diingat. Nama yang dipilih untuk usaha ini adalah Read-Inc ( baca : reading ). Nama ini sudah bisa memberikan gambaran tentang usaha yang dibuat, karena secara langsung akan berkonotasi pada kegiatan membaca. Selain itu, nama Read-Inc dianggap cukup unik dan mudah diingat.

D. Produk / Layanan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, produk/layanan utama Read-Inc adalah berupa penyewaan buku, yang terbagi menjadi 2 layanan :

  1. Peminjaman di rumah

Pengguna layanan Read-Inc bisa meminjam buku / komik / majalah untuk dibawa ke rumah dengan masa peminjaman tertentu (untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada bab 4 bagian “Kebijakan dan Aturan Peminjaman”)

  1. Baca di tempat

Layanan ini memberikan alternatif pada pengguna layanan untuk bisa membaca koleksi Read-Inc di tempat baca yang telah disediakan oleh Read-Inc dengan aturan tertentu dan tentunya dengan tarif yang lebih murah dan tempat membaca yang nyaman.

Mengenai jenis-jenis bukunya, Read-Inc akan menyediakan berbagai buku seperti :

1. Komik

Komik yang disediakan akan sangat beragam baik dari pilihan judul komiknya sampai jenis atau genre komiknya. Berbagai komik mulai dari komik, jepang (manga), cina, barat, lokal dsb tersedia untuk dimanfaatkan oleh pengguna jasa. Judul yang disediakan pun diusahakan selengkap mungkin, terutama judul-judul komik yang banyak disukai orang. Untuk tahap awal, komik yang disediakan akan diutamakan pada judul-judul yang banyak disukai oleh orang.

2. Novel

Novel disini terdiri dari berbagai jenis novel buatan dalam negeri dan terjemahan karya dalam negeri. Macamnya pun cukup beragam mulai dari yang bertema fiksi ilmiah, thriller, roman, chicklit, teenlit, dan lain sebagainya.

3. Buku umum

Yang dimaksud dengan buku umum disini adalah buku-buku dari berbagai tema yang bukan merupakan buku cerita, seperti buku-buku bertema ekonomi, psikologi, bisnis, pengetahuan umum, motivasional, sosial-politik, budaya, sejarah dll.

4. Majalah

Read-inc akan menyediakan berbagai macam majalah terutama yang banyak digemari, mulai dari majalah bertema ekonomi (misal Swa), computer (misalnya Chip), life style (misal cosmo), film & hiburan (cinemags), dunia remaja (misal kawanku) dll. Majalah ini akan selalu diupdate tiap bulannya atau tiap kali majalah tersebut diterbitkan.

5. Buku khusus

Buku khusus yang dimaksud adalah buku-buku berbahasa inggris dan buku-buku referensi sekolah dan kuliah. Jenis buku ini masih bersifat opsional, artinya belum dipastikan apakah akan masuk dalam daftar koleksi buku atau tidak. Semuanya bergantung pada kondisi Read-Inc sendiri, terutama masalah space / tempat yang tersedia dan animo pengguna jasa.

Keberagaman jenis buku yang disediakan ini menjadi salah satu keunikan lain dari Read-Inc. Selain itu, usaha ini akan selalu mengutamakan aspek kelengkapan koleksi dan kecepatan up-to-date koleksi buku yang tersedia. Ini akan menjadi suatu added value yang akan sangat mempengaruhi loyalitas konsumen.


Alamat : Jl Kedung pengkol V / 15B Surabaya
Telp : 08121469036