Friday, May 26, 2006

Kompor anti BBM

EXECUTIVE SUMMARY

Kompor anti BBM

Pendahuluan

Bahan Bakar Minyak adalah irrenewable resources, artinya bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Semakin lama sumber energi ini akan semakin habis sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, diperlukan alternatif sumber energi lain yang bisa menggantikan peran BBM sebagai sumber energi utama.

Sebuah alat yang sering digunakan sehari-hari oleh masyarakat salah satunya adalah kompor. Sebuah alat rumah tangga yang keberadaannya masuk skala penting dan mendesak karena fungsi strategisnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia.

Penggunaan BBM, terutama minyak tanah sebagai sumber energi kompor dirasa cukup memberatkan masyarakat akhir-akhir ini. Terutama setelah kenaikan harga BBM, dan kenaikan minyak tanah yang melebihi 100%.

Alternative kompor lain, yaitu kompor gas juga membutuhkan investasi yang besar. Selain harga kompor gas yang tinggi, harga LPG juga sudah mencapai Rp 70.000 per tabung yang membuatnya tidak jauh beda dengan minyak tanah. Apalagi kompor LPG juga rawan kecelakaan.

Akan tetapi, sumber energi selain LPG dan minyak juga harus mempunyai kemampuan yang tidak kalah dalam mennghasilkan energi, terutama panas. Sumber energi alternatif tersebut yang jelas harus lebih murah daripada LPG dan minyak tanah.

Kompor Anti BBM dapat menjawab keraguan tersebut. Sebuah kompor dengan sumber bahan bakar dari sekam.


Deskripsi Konsep Bisnis

Kompor anti BBM bertenaga sekam ini menawarkan konsep inovasi yang bagus. Selain memanfaatkan sekam sebagai penghasil panas, kompor ini dapat menghasilkan panas yang lebih tinggi daripada panas yang dihasilkan kompor biasa bertenaga minyak tanah atau LPG. Sekam dapat menghasilkan 400oC hanya dalam beberapa menit.

Harga sekam jauh lebih murah daripada harga minyak tanah ataupun LPG. Satu karung sekam, sekitar 20 kg, dapat diperoleh hanya dengan merogoh kocek Rp 1.500,- saja.

Kompor bertenaga sekam ini hanya membutuhkan tidak lebih dari setengah kg saja untuk mendidihkan air 1 liter tidak lebih dari 5 menit.

Sebenarnya kompor berbahan bakar sekam ini sudah ada sejak lama. Tapi, bukan di Indonesia, melainkan di Philipina. Dan produk ini adalah penyempurnaan dan modifikasi dari yang sudah ada.

Keunikan kompor ini terletak pada bahan bakar yang digunakan, yaitu sekam. Selain mudah didapatkan, menghasilkan energi panas yang besar (400oC), juga berharga murah.

Strategi Pengelolaan Bisnis

Konsumen atau pasar yang dituju adalah semua lapisan masyarakat. Hal ini dilakukan karena berbagai macam kelebihan produk ini dibanding produk lain.

Akan tetapi dalam perencanaannya, marketing tidak dilakukan secara frontal ke semua lapisan masyakarat. Awalnya, pemasaran dilakukan di daerah-daerah pedesaan atau tempat dimana pertanian menjadi sumber pencaharian utama. Alasannya, sekam berasal dari padi sehingga bahan ini melimpah di daerah-daerah pertanian. Masyarakat juga dapat memanfaatkannya tanpa membuangnya. Persoalan lain yang coba untuk diatasi, yaitu daya beli masyarakat desa yang lemah terhadap minyak tanah atau LPG. Bahkan berdasarkan survei yang dilakukan di daerah pedesaan Jawa Timur, orang desa lebih suka memasak dengan kompor bahan bakar kayu, atau disebut pawon.

Setelah cukup tersosialisasi di lingkungan daerah pertanian. Lambat laut seiring semakin langka dan mahalnya BBM, kompor sekam ini akan bisa masuk pasar perkotaan yang notabene lebih senang dengan kompor gas.

Pemasaran dapat dilakukan melalui agen-agen distributor dan berbagai media iklan lainnya.

Proses produksi produk ini dapat dilakukan di laboratorium surya Departemen Teknik Mesin ITB, Laboratorium Proses Material Departemen Teknik Fisika ITB, atau tempat-tempat produksi lain. Biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi Rp 80.000. Memang, salah satu kelemahan kompor ini adalah harganya yang lebih mahal dari kompor minyak biasa. Akan tetapi, jika kompor ini diproduksi massal, biaya produksi dapat ditekan secara signifikan dan lebih ekonomis.

Manajemen dan organisasi untuk menjalankan bisnis ini disusun secara ramping namun efektif. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan. Sumber daya manusia kunci yang diperlukan adalah yang menguasai pangsa pasar, operasional bisnis, serta berpengalaman dalam pengelolaan administrasi, pemasaran, penjualan, teknologi, dan pengembangan SDM.

Powered by : Bustanul 0812 14 69036

Wednesday, May 24, 2006

Great Private


Great Private

Sebuah perusahaan yang bergerak dalam sebuah bingkai idealisme. Sebagai nasrul fikroh menuju ke arah perbaikan umat. Pendidikan adalah faktor paling dominan yang membentuk bangsa. Sebagai pembangun carakter, mencerdaskan bangsa, dan melahirkan idealisme kepada para calon pemimpin bangsa. Sebuah kumpulan pemimpin, bukan pemimpin itu sendiri.

Great Private bergerak dalam bidang pendidikan. Bukan komersialisasi pendidikan, bukan pula bisnis pendidikan. Tapi bussiness
-based education, pendidikan berbasis bisnis. Kata pepatah Jawa : Jer Basuki Mawa Bea. Kesuksesan memerlukan biaya.

Dengan pangsa pasar pelajar, diharapkan idealisme sudah tertanam pada pemuda sejak mereka pertama kali mengenal dunia.


Monday, May 22, 2006

Read-Inc Book Garden

READ-INC Book Garden

Usaha ini adalah usaha persewaan buku dengan nama Read-Inc. Kami melihat potensi yang sama di kota Surabaya. Read-Inc nantinya akan menyediakan beragam jenis buku dengan pelayanan yang sangat baik dan diferensiasi yang jelas dengan para kompetitor yang ada di kota Surabaya. Kami juga telah menyusun key success factor yang kami yakini akan membawa usaha persewaan buku ini bisa sukses berkembang di kota Surabaya.

A. Visi

Ø Membuat kegiatan membaca menjadi pengalaman yang berkesan dan menyenangkan

Ø Menjadi usaha jasa penyewaan buku terlengkap dan memiliki jaringan skala nasional

Ø Mengelola usaha rental buku hingga bisa menjadi salah satu tempat yang most recommended bagi masyarakat

B. Misi

Ø Mendukung berbagai upaya yang bertujuan untuk meningkatkan minat membaca

Ø Mengemas kegiatan membaca dalam berbagai bentuk yang menarik dan menyenangkan

Ø Menyediakan beragam buku yang bisa dibaca oleh banyak orang

Ø Memberikan pelayanan terbaik kepada para member

Ø Membentuk usaha persewaan buku yang memiliki komunitas-komunitas loyalis

Ø Membentuk image di kalangan anak muda bahwa Read-Inc adalah tempat nonkrong yang asyik, nyaman dan menyenangkan

Ø Menjadikan kegiatan membaca yang menyenangkan identik dengan Read-Inc

Ø Berupaya melakukan pengembangan usaha terus menerus, baik berupa pengembangan jumlah tempat usaha maupun jenis usaha

C. Deskripsi Usaha

Usaha yang akan dijalankan ini akan bergerak dalam bidang jasa penyewaan buku, sebagai core business-nya. Selain itu, akan dicoba untuk mengusahakan beberapa usaha sampingan seperti penjualan buku dan merchandise, dan cafetaria / tempat makan. Namun, untuk sementara ini, pengelolaan akan dikonsentrasikan pada pengembangan core-business.

Sebagai suatu identitas, usaha ini akan berada di bawah satu label / nama. Label / nama usaha ini akan sangat berpengaruh terhadap image dari usaha ini. Karena itu, pemilihan namanya harus benar-benar diperhatikan. Nama ini harus bisa mencerminkan usaha yang dijalankan, namun tetap mempertahankan keunikan nama dan memperhatikan aspek kemudahan untuk diingat. Nama yang dipilih untuk usaha ini adalah Read-Inc ( baca : reading ). Nama ini sudah bisa memberikan gambaran tentang usaha yang dibuat, karena secara langsung akan berkonotasi pada kegiatan membaca. Selain itu, nama Read-Inc dianggap cukup unik dan mudah diingat.

D. Produk / Layanan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, produk/layanan utama Read-Inc adalah berupa penyewaan buku, yang terbagi menjadi 2 layanan :

  1. Peminjaman di rumah

Pengguna layanan Read-Inc bisa meminjam buku / komik / majalah untuk dibawa ke rumah dengan masa peminjaman tertentu (untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada bab 4 bagian “Kebijakan dan Aturan Peminjaman”)

  1. Baca di tempat

Layanan ini memberikan alternatif pada pengguna layanan untuk bisa membaca koleksi Read-Inc di tempat baca yang telah disediakan oleh Read-Inc dengan aturan tertentu dan tentunya dengan tarif yang lebih murah dan tempat membaca yang nyaman.

Mengenai jenis-jenis bukunya, Read-Inc akan menyediakan berbagai buku seperti :

1. Komik

Komik yang disediakan akan sangat beragam baik dari pilihan judul komiknya sampai jenis atau genre komiknya. Berbagai komik mulai dari komik, jepang (manga), cina, barat, lokal dsb tersedia untuk dimanfaatkan oleh pengguna jasa. Judul yang disediakan pun diusahakan selengkap mungkin, terutama judul-judul komik yang banyak disukai orang. Untuk tahap awal, komik yang disediakan akan diutamakan pada judul-judul yang banyak disukai oleh orang.

2. Novel

Novel disini terdiri dari berbagai jenis novel buatan dalam negeri dan terjemahan karya dalam negeri. Macamnya pun cukup beragam mulai dari yang bertema fiksi ilmiah, thriller, roman, chicklit, teenlit, dan lain sebagainya.

3. Buku umum

Yang dimaksud dengan buku umum disini adalah buku-buku dari berbagai tema yang bukan merupakan buku cerita, seperti buku-buku bertema ekonomi, psikologi, bisnis, pengetahuan umum, motivasional, sosial-politik, budaya, sejarah dll.

4. Majalah

Read-inc akan menyediakan berbagai macam majalah terutama yang banyak digemari, mulai dari majalah bertema ekonomi (misal Swa), computer (misalnya Chip), life style (misal cosmo), film & hiburan (cinemags), dunia remaja (misal kawanku) dll. Majalah ini akan selalu diupdate tiap bulannya atau tiap kali majalah tersebut diterbitkan.

5. Buku khusus

Buku khusus yang dimaksud adalah buku-buku berbahasa inggris dan buku-buku referensi sekolah dan kuliah. Jenis buku ini masih bersifat opsional, artinya belum dipastikan apakah akan masuk dalam daftar koleksi buku atau tidak. Semuanya bergantung pada kondisi Read-Inc sendiri, terutama masalah space / tempat yang tersedia dan animo pengguna jasa.

Keberagaman jenis buku yang disediakan ini menjadi salah satu keunikan lain dari Read-Inc. Selain itu, usaha ini akan selalu mengutamakan aspek kelengkapan koleksi dan kecepatan up-to-date koleksi buku yang tersedia. Ini akan menjadi suatu added value yang akan sangat mempengaruhi loyalitas konsumen.


Alamat : Jl Kedung pengkol V / 15B Surabaya
Telp : 08121469036


B- SUPPLIER

B-SUPPLIER

Rumah makan atau restoran membutuhkan bahan-bahan baku untuk menjalankan usahanya. Bahan baku tersebut didapatkan bukan dari produsen utamanya, melainkan dari distributor atau supplier. Fungsi distributor disini adalah menjadi penghubung antara pihak produsen dan konsumen, dalam hal ini adalah restoran.

Dengan semakin maraknya keberadaan restoran di Bandung, membuka kesempatan memasuki usaha di bidang pengadaan bahan baku alias distributor.

Melayani :
- meat
- vegetable
- fish
- chiken

Jenis Harga
1 Inside Rp44,000
2 Sirloin Rp46,000
3 Tenderloin Rp54,000
4 Iga Sapi Rp34,000
5 Lidah sapi Rp36,000
6 Buntut sapi Rp32,000
7 Babat krewer Rp18,000
8 Kaki sapi Rp24,000
9 Sengkel Sapi Rp44,000


hubungi : (022) 91313381
office: jl tubagus ismail XVII NO 57 Bandung

Great Woods

GREAT WOODS

Penjualan furniture adalah core bisnis kami. Sedangkan nilai ergonomis dan estetis menjadi faktor penentu keberhasilan core bisnis. Furniture yang akan kami jual terdiri dari berbagai macam kebutuhan , seperti
- kursi,
- meja belajar,
- meja komputer,
- almari pakaian,
- almari buku,
- rak buku,
- tempat tidur,
- dan lain-lain.
Di samping itu, usaha ini juga bisa melayani pesanan sesuai keinginan konsumen.

Toko ini adalah retailer atau pedagang eceran dan produsen bahan baku berbagai produk dari kayu. Kami melayani order produk dalam jumlah besar.

Toko ini akan menekankan pada konsep ergonomis atau kenyamanan dan estetis atau keindahan seninya. Furniture yang kami jual berbasis pada kualitasnya. Di sisi lain kami menawarkan harga yang terjangkau.

Hubungi : Bustanul (022) 91313381

Office : Jl Jatinangor 137 (pertigaan Brimob Polda Jabar), Kab Sumedang

EJP Catering

Hemat, Lezat, Sehat, dan Berkonsep

CV Era Jaya Persada
NPWP : 01.875.184.2-523.000

Nikmati pelayanan EJP Catering.
Daftar menu :

PAKET PRASMANAN HEMAT

Paket A

Paket B

Paket C

Semur ayam

Capcay

Buah-buahan

Rujak Cuka

Krupuk

Sop

Nasi

Sambal goreng ati

Sop

Capcay

Rujak cuka

Krupuk

Nasi

Sambal goreng ayam

Lalap

Sop

Buah-buahan

Bacem tahu tempe

Rp 10.000,-

Rp 10.000,-

Rp 10.000,-

Paket D

Paket E

Paket F

Nasi

Ayam rendang

Sop

Pecel

Krupuk

Buah-buahan

Nasi

Ayam goreng

Bacem tahu tempe

Ikan mujahir nila

Sop

Nasi

Pepes ikan mas

Bacem tahu tempe

Pecel

Buah-buahan

Krupuk

Rp 10.000,-

Rp 10.000,-

Rp 10.000,-

Menu Catering

Bungkus stryofoam

Menu 1

Menu 2

Menu 3

Menu 4

Nasi

Capcay

Ayam kecap

Krupuk

Sambal

Nasi

Sambal goreng tempe

Ayam crispy

Krupuk

Sambal

Nasi

Sayur lodeh

Kari ayam

Krupuk

Sambal

Nasi

Sayur asem kacang

Rolade

Krupuk

Sambal

Rp 5.000

Rp 5.000

Rp 5.000

Rp 5.000

Menu 5

Menu 6

Menu 7

Menu 8

Nasi

Tumis buncis

Tempe

Ayam kecap

Krupuk

Sambal

Nasi

Capcay

Ayam semur

Perkedel

Sambal

Nasi

Pepes ikan

Perkedel

Capcay

Kerupuk

Sambal

Nasi

Ayam balado

Kerupuk

Capcay

Lalap

Sambal

Rp 5.500

Rp 5.500

Rp 5.500

Rp 6.000

Menu 9

Menu 10

Menu 11

Menu 12

Nasi

Telur ceplok

Sambal goreng tempe

Krupuk

Sambal

Nasi

Capcay

Telur

Perkedel

Sambal

Nasi

Sop tahu sayuran

Semur daging

Kerupuk

Sambal

Nasi

Ikan mas

Rolade

Lalab

Sambal

Rp 4.500

Rp 4.500

Rp 6.000

Rp 5.500

Menu 13

Menu 14

Menu 15

Menu 16

Nasi

Mie bihun

Telur

Sambal goreng tempe

Sambal

Nasi

Capcay

Telur

Sambal

Nasi

Ayam kecap

Lalap

Sambal

Nasi

Ikan mas

Lalab

Krupuk

Sambal

Rp 4.500

Rp 4.000

Rp 4.500

Rp 4.000


Plus : Delivery services

Melayani pesanan berbagai macam kue :
  1. Roti goreng telur
  2. Lemper ayam
  3. Resoles
  4. Martabak telur
  5. Lontong ayam
  6. Bolu kukus
  7. Kue lapis
  8. Donut
  9. Brownies
  10. dll
Hubungi : Bustanul (022) 91313381
office : jl Tubagus smail XVII No 57 Bandung